(DAS Contemplation) Catatan 365 hari #19: IMAGINATION

Oke, tulisan kali ini lagi-lagi diambil dari notes Pak Arif Bawono Suryo. Orang yang satu ini memang luar biasa. Hampir setiap hari, beliau menghasilkan tulisan di group FLP Malang. tampaknya beliau memang berusaha untuk setidaknya menghasilkan satu tulisan dalam satu hari. Karena itu, catatannya diberi brand : Catatan 365 hari). Keren! Benar-benar usaha yang patut ditiru oleh para Laskar Pena! Sepertinya dengan begini, beliau sudah memiliki rubrik sendiri di FLP Malang hehehe. Semoga bisa cepat dikumpulkan dan dijadikan buku ya, Amin. Saking banyaknya tulisan beliau, Neko memutuskan untuk memostingnya secara acak saja hehehe.... Kali ini adalah catatan hari ke-19. Check this out!

Oleh Arif Bawono Surya



Pernah dengar idiom di samping? Ya saya mendengar idiom itu di penghujung tahun 2009. Mbah Einstein ingin menjelaskan pada kita bahwa pengetahuan memang penting. Tetapi imajinasi atau daya pikir kreatif juga penting. Ilmu tidak akan banyak berguna jika kurang diaplikasikan secara kreatif, misalnya ilmu menulis. Bila hanya difungsikan untuk menulis hal-hal formal, resmi, dan konvensional maka ga ada nilai tambahnya, mbosenin. Hanya sebatas nulis. Tetapi di tangan orang-orang yang penuh imajinasi maka hal sepele seperti tulis-menulis menjadi sebuah karya yang indah dan bisa dinikmati. Oleh karena itu, wahai para cendikiawan-cendikiawan, jangan sampai ilmu yang kita miliki cuma menjadi sebatas ilmu “asal pakai” tetapi menjadi ilmu yang mempunyai nilai tambah.   

Lalu darimana kekreatifan itu muncul? Jawabannya adalah dari cinta. Lho? Iya dari cinta. Saat kita mencintai sesuatu, atau apa yang kita kerjakan maka kita akan selalu terpacu untuk memberikan lebih dan lebih. Beda halnya bila kita melakukan sesuatu hanya karena dorongan kebutuhan dasar kita. Ga ada rasa untuk berbuat lebih, atau membuat lebih baik dan indah lagi. “Cukuplah, seperti ini”. Mungkin itu kata yang menandakan bahwa imajinasi atau daya kreatif kita sedang tergerus. Dengan mencintai apa yang kita lakukan dan melakukan apa yang kita cintai, maka kreatifitas itu akan mudah sekali muncul. Perasaan “Ting” itu seakan-akan bisa  muncul kapan saja. Oleh karena itu, yuk mulai dari sekarang kita melakukan apa yang kita cintai dan mencintai apa yang kita lakukan. Agar pekerjaan kita tidak hanya sekedar mengugurkan kewajiban tetapi juga bernilai tambah. :D    

Malang 29.07.11 


 Editor's Note:

Hmm...asyik-asyik. Neko suka banget ama postingan Pak Arif yang satu ini. Secara, imajinasi adalah hal yang sangat vital. Penulis yang hebat selalu punya cara untuk membasahi otaknya dengan imajinasi. Kekurangan postingan ini adalah kurang....banyak! Heheh... mungkin akan lebih menarik dan tentu aplikatif jika Pak Arif menambahkan tentang tips memperkaya imajinasi, atau mengambil tips dari penulis-penulis lain yang lebih terkenal.

Buat para Laskar Pena, imajinasi banyak berseliweran di sekitar kalian. Karena itu, waspadalah...waspadalah! Hehehe Ada yang mau menambahkan komentar?
Hidupkan dunia dengan karya sastra. Hidupkan karya sastra dengan berbagi apresiasi.

Cherio

Mizuki-Arjuneko

Profil Penulis:

Arif Bawono Suryo, atau yang di FLP Malang lebih beken dengan panggilan "Pak Arif", baru saja memutuskan untuk bergabung ke dalam keluarga besar FLP tahun 2011 ini. Walaupun baru bergabung, Pak Arif sudah cepat beradaptasi dan lumayan aktif dalam diskusi-diskusi FLP Malang yang sering diadakan di Taman Seribu Janji (alias depan rektorat UIN Malang). Dikenal sebagai mood-maker dan joke-maker dalam diskusi. Ada saja celetukannya yang bikin kami jadi gondok tapi nggak tega njitak karena lucu. Hufff...

Kemampuannya berbicara di depan publik dan kengocolannya sebenarnya tidak perlu diherankan lagi karena lulusan manajemen UM ini dulu sempat aktif di UKM IPRI (Ikatan Pecinta Retorika Indonesia) selama masa kuliah. Tak heran, ia menaruh minat untuk menjadi motivator dan juga tertarik untuk mendalami bidang broadcasting. 

Pemuda yang bekerja sebagai guru SMA ini, selain jago cuap-cuap di depan publik juga sangat produktif dalam menulis loh. Tulisan-tulisan di group FLP Malang itu hampir setengahnya adalah hasil tulisannya orang ini. Di lain kesempatan, Divisi Apresiasi Sastra akan membahas essay-essay Pak Arif. Tulisan-tulisannya bisa juga dilihat di blog pribadinya ini: http://abawonos.blogspot.com/

Share this

0 Comment to "(DAS Contemplation) Catatan 365 hari #19: IMAGINATION"

Post a Comment